--> Metode Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Arab | Fragmen Ilmiah

Himpunan Makalah, Skripsi, dan Jurnal

Total Tayangan Halaman

19/12/18

Metode Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Arab

| 19/12/18

Metode Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Arab



BAB I
PENDAHULUAN

         
A.  Latar Belakang
Ketidakpuasan kepada metode langsung yang kurang memberikan perhatian kepada kemahiran membaca dan menulis, mendorong para guru dan para ahli bahasa untuk mencari metode baru. Pada waktu itu, berkembang opini di kalangan para guru bahwa mengajarkan bahasa asing dengan target penguasaan semua ketrampilan berbahasa adalah sesuatu yang mustahil.
Oleh karena itu, Profesor Coleman dan kawan-kawan dalam sebuah laporan yang ditulis pada tahun 1929 menyarankan penggunaan suatu metode dengan satu tujuan pengajaran yang lebih realistis, yang paling diperlukan oleh para pelajar, yakni ketrampilan membaca. Metode kemudian yang dinamai “ metode membaca ” ini digunakan di sekolah menengah dan perguruan tinggi di seluruh Amerika dan negara-negara lain di Eropa. Meskipun disebut “ metode membaca ”, tidak berarti bahwa kegiatan belajar mengajar terbatas pada latihan membaca. Latihan menulis dan berbicara juga diberikan meskipun dengan porsi yang terbatas.
Metode membaca merupakan salah satu metode yang cukup terkenal dalam pembelajaran bahasa asing. Metode ini bertujuan untuk mengajarkan kemahiran membaca bahasa asing. Untuk mengetahui lebih lanjut yang berkaitan dengan metode membaca, mari kita diskusikan terkait masalah yang berkaitan dengan metode membaca ini dan menyempurnakan kekurangan dari makalah kami ini.

         B. Rumusan Masalah
                 1.    Apa pengertian metode membaca ?
                 2.    Bagaimana karakteristik metode membaca ?
                 3.    Apa saja ciri metode membaca ?
                 4.    Bagaimana langkah-langkah pembelajaran metode membaca ?
                





BAB II
PEMBAHASAN

           A. Pengertian Metode Membaca
Metode Membaca ini lahir dari pemikiran para ahli pengajaran bahasa asing pada awal abad 20. Teori ini dipelopori oleh beberapa pendidik Inggris dan Amerika. (West 1926), yang mengajar bahasa Inggris di India, berpendapat bahwa belajar membaca secara lancar jauh lebih penting bagi orang India yang belajar bahasa Inggris dibanding berbicara. West menganjurkan suatu penekanan pada membaca bukan hanya karena dia menganggap hal itu sebagai ketrampilan yang paling bermanfaat yang harus diperoleh dalam bahasa asing tetapi juga karena hal itulah yang paling mudah, ketrampilan dengan nilai tambah yang paling besar pada siswa pada tahap-tahap awal pembelajaran bahasa.
Metode membaca ini memang mendapat banyak kritik-kritik, baik pada metode waktu itu dianjurkan di Amerika. Begitu pula selama perang dunia II tatkala kemampuan berbicara dalam berbagai bahasa merupakan prioritas nasional di Amerika Serikat. Akan tetapi, sejak perang itu terdapat suatu pembaharuan minat dalam pengajaran bahasa-bahasa untuk tujuan-tujuan tertentu seperti membaca sastra dan pustaka ilmiah. Di luar Amerika Serikat pada tahun 1929-an metode membaca ini mulai digunakan.
Membaca merupakan kemampuan mengenali dan memahami isi sesuatu yang tertulis (lambang-lambang tertulis) dengan melafalkan atau mencernanya di dalam hati. Membaca hakekatnya adalah suatu proses komunikasi antara pembaca dan penulis melalui teks yang ditulisnya, maka secara langsung di dalamnya ada hubungan kognitif antara bahasa lisan dan bahasa tulisan. Tarigan (1994/III:7) melihat bahwa membaca adalah proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/ bahasa tulis.
Metode membaca adalah menyajikan materi pelajaran dengan cara lebih dahulu mengutamakan membaca, yakni guru pertama membacakan topik bacaan, dan diikuti oleh peserta didik, tapi kadang-kadang guru dapat menunjuk langsung anak didik untuk membacakan pelajaran tertentu terlebih dahulu, dan yang lain memperhatikan dan mengikutinya.
Membaca melibatkan tiga unsur, yaitu: makna sebagai unsur isi bacaan, kata sebagai unsur yang membawakan makna, dan simbol tertulis sebagai unsur visual. Perpindahan simbol tertulis ke dalam bahasa ujaran itulah, menurut Ibrahim (1962:57), disebut membaca.

B.   Karakteristik Metode Membaca
                          1.Tujuan utamanya adalah kemahiran membaca.
  2.Materi pelajaran berupa buku bacaan utama dengan suplemen daftar kosa kata        dan pertanyaan-pertanyaan isi bacaan, buku bacaan penunjang untuk perluasan buku latihan mengarang terbimbing dan percakapan.
  3.Basis kegiatan pembelajaran adalah memahami isi bacaan. Pemahaman isi bacaan       melalui proses analisis,
                           4. Membaca diam lebih diutamakan dari pada membaca keras.
                           5.Kaidah bahasa diterangkan seperlunya tidak boleh berkepanjangan.

          C.Ciri-ciri Metode Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Arab
1.Biasanya metode ini memulai dengan memberi latihan sebentar kepada siswa   tentang ketrampilan bertutur kemudian mendengarkan beberapa kalimat sederhana dan mengucapkan kata-kata serta kalimat hingga siswa mampu menyusun kalimat. Berangkat dari inilah bahwa bentuk yang disusun oleh siswa tentang aturan tutur bahasa akan memberi andil dalam mengembangkan ketrampilan berkomunikasi.
2.Setelah siswa berlatih mengucapkan beberapa kalimat kemudian mereka membacanya dalam teks. Guru bertugas mengembangkan sebagian ketrampilan membaca dalam hati bagi murid-murid.
3. Setelah itu para siswa membaca teks dengan Qira’ah jahriyah (membaca dengan keras) yang diikuti dengan beberapa pertanyaan seputar teks untuk menguatkan pemahaman.
4.Membaca terbagi menjadi dua macam yaitu membaca intensif dan membaca   lepas, masing-masing mempunyai tujuan yang berbeda. Membaca intensif bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan-ketrampilan dasar membaca dan ketrampilan ini membutuhkan perbendaharaan kata serta pengetahuan kaidah-kaidah tata bahasa. Ketrampilan membaca ini mengembangkan ketrampilan pemahaman bagi siswa di bawah bimbingan guru kelas.
5. Adapun Qira’ah lepas maka bisa dilaksanakan di luar kelas. Dibenarkan guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca dan membatasi apa yang harus dibaca serta mendiskusikannya.
6.Membaca lepas memberikan andil dalam pencapaian siswa pada khazanah arab, membaca kitab-kitab dan semi arab. Dan dari sini akan memberikan tambahan pemahaman mengenai kebudayaan arab.

          D.  Langkah-Langkah Pembelajaran Metode Membaca
a)      Guru memulai pembelajaran dengan memberikan kata-kata dan ungkapan yang dianggap sulit yang akan ditemui oleh siswa dalam teks, menjelaskan makna kata-kata ungkapan tersebut dengan definisi konteks dan contohdalam kalimat lengkap.
b)      Setelah itu siswa diminta untuk mmbaca dalam hati teks bacaan yang sudah diprogramkan Selma kurang lebih 25 menit.
c)      Pembelajaran dilanjutkan dengan diskusi mengenai kandungan/isi bacaan yang bisaberupa Tanya jawab dengan menggunakan bahasa ibu siswa.
d)     Setelah menguasi isi bacaan,guru membimbing siswa menyimpulkan suatu aturan tata bahasa dalam bacaan. Dan jika dirasa perlu, guru akan memberikan penjelasan tentang tata bahasatersebut secara singkat.
e)      Kalau masih ada kosa kata yang belum dipahamioleh siswa ,maka pembelajaran akan dilanjutkan dengan pembahasan kosa kata yang belum dipahami atau belum dibahas sebelumnya.
f)       Berikutnya para siswa akan mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam bukuseplemen,yaitu menjawab pertanyaan tentang isi bacaan latihan ,bahan bacaan latihan menulis.
g)      Setelah selesai mengerjakan latihan, bahan bacaan perluaran diberikan untuk dipelajaridirumah dan hasilnya dilaporkan pada pertemuan berikutnya.











BAB III
PENUTUP

A.Kesimpulan
·      Metode Membaca merupakan kemampuan mengenali dan memahami isi sesuatu yang tertulis (lambang-lambang tertulis) dengan melafalkan atau mencernanya di dalam hati.
·      Karakteristik Metode Membaca : Tujuan utamanya adalah kemahiran membaca. Materi pelajaran berupa buku bacaan utama dengan suplemen daftar kosa kata dan pertanyaan-pertanyaan isi bacaan. Basis kegiatan pembelajaran adalah memahami isi bacaan. Membaca diam lebih diutamakan dari pada membaca keras. Kaidah bahasa diterangkan seperlunya tidak boleh berkepanjangan.
·      Ciri-ciri metode membaca : Biasanya metode ini memulai dengan memberi latihan sebentar kepada siswa tentang ketrampilan bertutur kemudian mendengarkan beberapa kalimat sederhana dan mengucapkan kata-kata serta kalimat hingga siswa mampu menyusun kalimat. Setelah siswa berlatih mengucapkan beberapa kalimat kemudian mereka membacanya dalam teks. Setelah itu para siswa membaca teks dengan Qira’ah jahriyah (membaca dengan keras). Membaca terbagi menjadi dua macam yaitu membaca intensif dan membaca lepas. Adapun Qira’ah lepas maka bisa dilaksanakan di luar kelas. Membaca lepas memberikan andil dalam pencapaian siswa pada khazanah arab, membaca kitab-kitab dan seni arab.
·      Adapun metode membaca diantaranya : Membaca nyaring (al-Qira’ah al-Jahriyyah), Membaca diam / membaca dalam hati (al-Qira’ah al-Shamitah), Membaca pemahaman, Membaca kritis, Membaca ide.










DAFTAR PUSTAKA

Effendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Kinara, 2009.
Fachrurrozi, Aziz & Erta Mahyuddin, Pembelajaran Bahasa Asing. Jakarta Timur: Bania Publising, 2010.
          Hamid, M. Abdul, dkk. Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. Malang: UIN Malang Press, 2008.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2011.
Nuha, Ulin. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Jogjakarta: DIVA PRESS, 2012.
Yusuf, Tayar dan Syaiful Anwar. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 1997.



Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar