--> Modernisasi, Ciri-ciri, dampaknya pada teknologi modernisasi | Fragmen Ilmiah

Himpunan Makalah, Skripsi, dan Jurnal

11/11/18

Modernisasi, Ciri-ciri, dampaknya pada teknologi modernisasi

| 11/11/18

Modernisasi, Ciri-ciri, dampaknya pada teknologi modernisasi


 

BAB I

PENDAHULUAN
                                                                                               





A.      LATAR BELAKANG
Kemajuan ilmu pengetahuan selalu diikuti dengan kemajuan teknologi. Hal ini terbukti dengan banyaknya penemuan dalam bidang teknologi guna memenuhi kebutuhan hidup manusia dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.
Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia melibatkan Negara-negara lain. Dalam banyak proyek pengembangan ilmu pengetahuan seperti penelitian-penelitian, beasiswa, dan institusi pendidikan, Negara-negara lain banyak terlibat baik dari segi pembiayaan maupun segi pengadaan fasilitas.
Modernisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat yang modern. Modernisasi dapat pula berarti perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat yang modern. Jadi, modernisasi merupakan suatu proses perubahan di mana masyarakat yang sedang memperbaharui dirinya berusaha mendapatkan ciri-ciri atau karakteristik yang dimiliki masyarakat modern. Selain itu, ini juga menunjukkan suatu proses dari serangkaian upaya untuk menuju atau menciptakan nilai-nilai (fisik, material dan sosial) yang bersifat atau berkualifikasi universal, rasional, dan fungsional.
                                                   
B.       TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan dari Penulisan makalah ini adalah untuk:
1. Mengetahui pengertian Modernisasi
2. Mengetahui syarat-syarat suatu modernisasi
3. Mengetahui ciri-ciri manusia modern
4. Mengetahui bagaimana gejala modernisasi di indonesia
5. Mengetahui dampak positif dan negatif teknologi modernisasi 

C.      RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah pada makalah ini adalah:
1. Apa itu modernisasi?
2. Bagaimana ciri-ciri manusia modern?
3. Apa sajakah syarat-syarat suatu modernisasi?
4. Apa gejala yang ditimbulkan dengan adanya modernisasi?
5. Bagaimana dampaknya pada teknologi modernisasi?




BAB II

PEMBAHASAN




A.      PENGERTIAN MODERNISASI
     Modernisasi diartikan sebagai perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan yang tradisional atau dari masyarakat pra modern menuju kepada suatu masyarakat yang modern. Pengertian modernisasi berdasar pendapat para ahli adalah sebagai berikut.
a.      Widjojo Nitisastro,
Modernisasi adalah suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern dalam arti teknologi serta organisasi sosial, ke arah pola-pola ekonomis dan politis.
b.      Soerjono Soekanto,
Modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang terarah yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan social planning.
Dengan dasar pengertian di atas maka secara garis besar istilah modern mencakup pengertian sebagai berikut:
·      Modern berarti berkemajuan yang rasional dalam segala bidang dan meningkatnya tarat penghidupan masyarakat secara menyeluruh dan merata.
·      Modern berarti berkemanusiaan dan tinggi nilai peradabannya                 dalampergaulan hidup dalam masyarakat.

B.PROSES MODERNISASI
          Proses modernisasi adalah suatu perubahan yang direncanakan, melibatkan semua kondisi atau nilai-nilai sosial dan kebudayaan secara integratif. Mesti memahami dan menyadari bahwa sistem nilai yang berlaku dalam masyarakat yang bersangkutan ada yang berkualifikasi norma dan nilai. Di mana norma sekala keberlakuannya tergantung pada aspek waktu, ruang dan niali sekala keberlakuannya lebih universal. Dalam tatanan masyarakat modern, nilai-nilai sosial yang bersifat universal mendominasi dan mengisi semua mozaik kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Proses modernisasi dalam bidang :
A.    Bidang Budaya : Terdesaknya budaya tradisional oleh masuknya pengaruh budaya dari luar, sehingga budaya asli semakin pudar.
B.     Bidang Ekonomi : Gejala yang muncul dalam modernisasi ekonomi adalah terjadinya industrialisasi. Industrialisasi merupakan proses pergantian dari penggunaan tenaga manual menjadi pengunaan tenaga mesin. Cara tersebut dapat dilakukan untuk mewujudkan modernisasi di bidang ekonomi. Modernisasi dan pembangunan di



C.     bidang ekonomi mempunyai satu tujuan, yaitu mencapai kehidupan bangsa yang sejahtera.
D.    Bidang Politik : Di tandai dengan negara yang terlepas dari jajahan, munculnya negara-negara yang merdeka.
E.     Bidang Sosial : Semakin banyaknya kelompok baru dalam masyarakat.

C. BENTUK-BENTUK MODERENISASI YANG DI IDENTIFIKSI YAITU PADA PENGGUNAAN ALAT-ALAT MODEREN DI SEKITAR KITA. CONTOH KONKRET DARIPENGUNAAN ALAT-ALAT TERSEBUT :
                                                   
1.      Penggunaan hp (hand phone)
Pengunaan hand phone oleh sebagian besar masyarat sangat membantu kegiatan mereka sehari-hari dalam berkomunikasi. Sebelum ada hand phone mereka berkomunikasi jarak jauh dengan surat atau telegram. Namun, saat ini dengan adanya moderenisasi, pengunaan hand phone tersebut sangat membantu aktivitas masyaratkat dengan cepat dan efesien.
2.      Penggunaan listrik
Listrik sangat berperan penting bagi masyarakat, banyak aktifitas-aktifitas yang terganggu saat listrik padam. Dulu sebelum ada listrik sebagian aktifitas manusia di kerjakan seacara manual, namun dengan adanya listrik hampir semua dapat di kerjakan dengan peralatan elektronik yang memudahkan kita dalam melakukan suatu aktifitas atau pekerjaan.
3.      Pengunaan televisi
Dengan adanya televisi kita bisa mengetahui informasi di berbagai penjuru dunia lewat acara berita. Dulu sebelum ada televisi sangat sulit mengetahui atau mencari informasi di berbagai tempat, namun dengan adanya televisi kita dapat mengetahui informasi dan kejadian di berbagai tempat dengan cepat dan mudah.



D.       DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF MODERNISASI

 Dampak Positif
Dampak positif teknologi modernisasi adalah sebagai berikut:
a.       Perubahan Tata Nilai dan Sikap
Adanya modernisasi dalam zaman sekarang ini bisa dilihat dari cara berpikir masyarakat yang irasional menjadi rasional.
b.      Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.



Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas.
Serta mendorong untuk berpikir lebih maju, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pula yang membentuk masa modernisasi yang terus kian berkembang dan maju di waktu sekarang ini.
c.       Tingkat Kehidupan yang lebih Baik
Dibukanya industri atau industrialisasi berdasarkan teknologi yang sudah maju menjadikan nilai dalam memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih, dan juga merupakan salah satu usaha mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat, hal ini juga dipengaruhi tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi yang membantu perkembangan modernisasi.


 Dampak Negatif
Dampak negatif teknologi modernisasi adalah sebagai berikut:
a.       Pola Hidup Konsumtif
Perkembangan teknologi industri yang sudah modern dan semakin pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk menkonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada, sesuai dengan kebutuhan masing – masing.
b.      Sikap Individualistik
Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitas. Padahal manusia diciptakan sebagai makhluk sosial.
c.       Gaya Hidup Kebarat-baratan
Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain.
d.      Kesenjangan Sosial
Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lainnya.
Dengan kata lain individu yang dapat terus mengikuti perkembangan jaman memiliki kesenjangan tersendiri terhadap individu yang tidak dapat mengikuti suatu proses modernisasi tersebut. Hal ini dapat menimbulkan kesenjangan sosial antara individu satu dengan lainnya, yang bisa disangkutkan sebagai sikap individualistik.
e.       Kriminalitas
Kriminalitas sering terjadi di kota-kota besar karena menipisnya rasa           kekeluargaan, sikap yang individualisme, adanya tingkat persaingan yang tinggi dan pola hidup yang konsumtif.











BAB III
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Modernisasi diartikan sebagai perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan yang tradisional atau dari masyarakat pra modern menuju kepada suatu masyarakat yang modern. Banyak para ahli mendefinisikaan modernisasi, namun secara garis besar kami dapat mennyimpulkan definisi modernisasi seperti kalimat diatas.
     Modernisasi dapat terwujud apabila masyarakatnya memiliki individu yang mempunyai sikap modern. Selain dorongan modernisasi, terdapat pula syarat-syarat modernisasi.
     Modernisasi juga mempunyai dampak bagi kehidupan bermasyarakat pada masysarakat yang menganut modernisasi. Modernisasi memiliki dampak negatif dan dampak positif. Dampak positif modernisasi diantaranya perubahan tata nilai dan sikap, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, tingkat kehidupan  yang lebih baik. Dampak negatif dari modernisasi diantaranya pola hidup konsumtif, sikap individualistik, gaya hidup kebarat-baratan, kesenjangan sosial, kriminalitas.
     Modernisasi memiliki gejala-gelaja meliputi gejala politik, gejala sosial, gejala budaya, gejala ekonomi yang harus ditanggapi dengan bijak.       
                     
B.       SARAN
Modernisasi memang perlu untuk kemajuan suatu wilayah, daerah, bahkan suatu negara. Namun kia harus menanggapi modernisasi dengan bijak agar kita tidak terjerumus ke dalam dampak-dampak atau gejala yang merugikan yang akan ditimbulkan oleh modernisasi.
Bak dua sisi mata uang yang berbeda, disamping ada dampak positif dari modernisasi yang akan menguntungkan kita, ada juga dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh modernisasi yang pastikan akan mengganggu, dan merugikan kita.
Karena itu, menurut kami masyarakat hendaknya lebih selektif dalam menyaring kebudayan modernisasi ini. Apa lagi budaya kebarat-baratan, sebagai negara yang sebagian besar penduduknya  beragama islam, hendaknya masyarakat tidak menganut budaya barat yang tidak sesuai dengan syariat agama.
Pemerintah juga berperan penting dalam pemerataan modernisasi. Karena akan ada banyak masalah yang ditimbulkan , misalnya karena pola hidup masyarakat yang konsumtif, kita harus mengimpor barang untuk memenuhi permintaaan pasar dala negeri, sedangkan daya ekspor kia rendah, hal ini kan sangat merugikan pelaku pasar di dalam negeri, seperti kentang yang pemerintah impor, akan merugikan petani kentang karena harga kentang lokal akan turun karena banyaknya kentang dipasaran. ini tugas kita bersama dan juga pemerintah yang harus lebih memperhatikan rakyat kecil. Kita juga harus lebih mencintai produk-produk dalam negeri. Jika kerugian akan terus menerus melanda pelaku pasar dalam negeri, maka akan banyak pelaku pasar yang gulung tikar, banyak pekerja yang akan menganggur, ini akan menimbulkan kriminalitas. Maka dari itu para pelaku pasar diminta untuk lebih kreatif dalam menciptakan dan memsarakan produk dan jasa dalam negeri di nasional maupuun dikancah internasional.



DAFTAR PUSTAKA

Lauer, Robert H. 2001. Prespektif Tentang Perubahan Sosial. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
http://www.anakciremai.com/2010/06/makalah-modernisasi-dan-globalisasi.html (diakses pada 24 September 2010)
http://www.afand.cybermq.com/post/detail/2761/dampak-positif-dan-dampak-negatif globalisasi-dan-modernisasi (Diakses pada 24 September 2010)
  Ciremai, Anak. (2010). Makalah Modernisasi dan Globalisasi.


Text Box: 6
 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar